--> Peserta dan Manfaat Program Jaminan Pensiun | ARMAILA FINANCE

Peserta dan Manfaat Program Jaminan Pensiun

Manfaat Jaminan Pensiun yakni berupa uang tunai yang dibayarkan setiap bulan dan atau sekaligus apabila peserta memasuki usia pensiun, cacat total..

Peserta dan Manfaat Program Jaminan Pensiun | Jaminan Pensiun BPJAMSOSTEK dapat diterima secara berkala setiap bulannya. Hal tersebut karena Jaminan Pensiun diselenggarakan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

Adapun manfaat yang diberikan yaitu sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

Peserta dan Manfaat Program Jaminan Pensiun


Peserta Program Jaminan Pensiun

Peserta Program Jaminan Pensiun adalah pekerja yang terdaftar dan telah membayar iuran.


Peserta yang didaftarkan setidaknya mempunyai usia paling banyak satu bulan sebelum memasuki usia pensiun. Usia pensiun mulai 1 Januari 2019 adalah 57 tahun dan selanjutnya bertambah 1 (satu) tahun untuk setiap 3 (tiga) tahun berikutnya sampai mencapai Usia Pensiun 65 tahun.


Dilansir dari situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, iuran program jaminan pensiun dihitung sebesar 3% yang terdiri atas 2% iuran pemberi kerja dan 1% iuran pekerja. Upah setiap bulan yang dijadikan dasar perhitungan iuran terdiri atas upah pokok dan tunjangan tetap.


Iuran Jaminan Pensiun wajib dibayarkan paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya. Pemberi kerja yang tidak memenuhi ketentuan pembayaran iuran dikenakan denda sebesar 2% setiap bulan keterlambatan.


Manfaat Program Jaminan Pensiun

1. Manfaat Pensiun Hari Tua (MPHT)

Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta yang memenuhi masa iuran minimum 15 tahun yang setara dengan 180 bulan saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia.


2. Manfaat Pensiun Cacat (MPC)

Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta yang mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan tidak dapat bekerja kembali atau akibat penyakit sampai meninggal dunia.


Kejadian yang menyebabkan cacat total tetap terjadi paling sedikit 1 bulan menjadi peserta dan density rate minimal 80%. Manfaat pensiun cacat ini diberikan sampai dengan meninggal dunia atau peserta bekerja kembali.


3. Manfaat Pensiun Janda/Duda (MPJD)

Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada janda/duda yang menjadi ahli waris terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.



Uang bulanan diberikan ke ahli waris sampai dengan meninggal dunia atau menikah lagi, dengan kondisi peserta:


a. meninggal dunia bila masa iur kurang dari 15 tahun, dimana masa iur yang digunakan dalam menghitung manfaat adalah 15 tahun dengan ketentuan memenuhi minimal 1 tahun kepesertaan dan density rate 80% atau


b. meninggal dunia pada saat memperoleh manfaat pensiun MPHT.


4. Manfaat Pensiun Anak (MPA)

Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada anak yang menjadi ahli waris peserta.


Ahli waris peserta maksimal 2 orang anak yang didaftarkan pada program pensiun) sampai dengan usia anak mencapai usia 23 (dua puluh tiga) tahun, atau bekerja, atau menikah dengan kondisi peserta;


a. meninggal dunia sebelum masa usia pensiun bila masa iur kurang dari 15 tahun, masa iur yang digunakan dalam menghitung manfaat adalah 15 tahun dengan ketentuan minimal kepesertaan 1 tahun dan memenuhi density rate 80% dan tidak memiliki ahli waris janda/duda atau


b. meninggal dunia pada saat memperoleh manfaat pensiun MPHT dan tidak memiliki ahli waris janda/duda atau


c. janda/duda yang memperoleh manfaat pensiun MPHT meninggal dunia.


5. Manfaat Pensiun Orang Tua (MPOT)

Manfaat yang diberikan kepada orang tua (bapak / ibu) yang menjadi ahli waris peserta lajang, bila masa iur peserta lajang kurang dari 15 tahun, masa iur yang digunakan dalam menghitung manfaat adalah 15 tahun dengan ketentuan memenuhi minimal kepesertaan 1 tahun dan memenuhi density rate 80%.


6. Manfaat Lumpsum

Peserta tidak berhak atas manfaat pensiun bulanan, akan tetapi berhak mendapatkan manfaat berupa akumulasi iurannya ditambah hasil pengembangannya apabila:


a. Peserta memasuki Usia Pensiun dan tidak memenuhi masa iur minimum 15 tahun


b. Mengalami cacat total tetap dan tidak memenuhi kejadian cacat setelah minimal 1 bulan menjadi peserta dan minimal density rate 80%.


c. Peserta meninggal dunia dan tidak memenuhi masa kepesertaan minimal 1 tahun menjadi peserta dan minimal density rate 80%.


Sebagai catatan, pembayaran manfaat pensiun dibayarkan untuk pertama kali setelah dokumen pendukung secara lengkap dan pembayaran manfaat pensiun bulan berikutnya setiap tanggal 1 bulan berjalan. Apabila tanggal 1 jatuh pada hari libur maka pembayaran dilaksanakan pada hari kerja berikutnya.


Jika peserta telah memasuki usia pensiun tetapi masih diperkerjakan, peserta dapat memilih untuk menerima manfaat jaminan pensiun pada saat mencapai usia pensiun atau pada saat berhenti bekerja dengan ketentuan paling lama 3 tahun setelah usia pensiun. Tambahan informasi, penerima manfaat pensiun adalah peserta atau ahli waris peserta yang berhak menerima manfaat pensiun.


Sumber detikfinance, "Jaminan Pensiun Dapat Diterima Tiap Bulan, Ini Jenis Manfaatnya

Nama

Angkutan Darat,1,Angkutan Darat Kelas Ekonomi,1,Armaila Finance,5,BBM,1,BBM Murah,1,BBM Naik,1,BPJAMSOSTEK,1,Harga Bbm Naik,1,Harga Bensin Swasta,1,Harga SPBU VIVO,1,Jaminan Pensiun,1,Kelas Ekonomi,1,Kenaikan Harga BBM,1,Manfaat Pensiun,1,Manfaat Program Jaminan Pensiun,1,Minimarket,1,Ojol Tarif Ojol,1,Parkir,1,Parkir Minimarket,1,Pemerintah,1,Pensiun,1,Peserta Program Jaminan Pensiun,1,Program Jaminan Pensiun,1,SPBU,1,SPBU VIVO,1,Tarif,2,Tarif Angkutan Naik,1,Tarif Baru Ojol,1,Uang,1,Uang Parkir,1,Uang Parkir di Minimarket,1,VIVO,1,
ltr
item
ARMAILA FINANCE: Peserta dan Manfaat Program Jaminan Pensiun
Peserta dan Manfaat Program Jaminan Pensiun
Manfaat Jaminan Pensiun yakni berupa uang tunai yang dibayarkan setiap bulan dan atau sekaligus apabila peserta memasuki usia pensiun, cacat total..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjnaEHI6plE85qh1wqGuLESici-Z6q2fqRHCDiZsoGpuyY3c0mI8SOI6JTheBNRb2GsGR2CKOVeoVn0XrY_vLpw74TkZdGbiG0KUM9aBVF1SCggOV9d49H8NKwykp8aktQdAjrOCnSTP0dAkvATHXt3TfbXikhaD7RN_aga_wHeWOxn1j5cJCR7YFv/s16000/armaila%20Peserta%20dan%20Manfaat%20Program%20Jaminan%20Pensiun.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjnaEHI6plE85qh1wqGuLESici-Z6q2fqRHCDiZsoGpuyY3c0mI8SOI6JTheBNRb2GsGR2CKOVeoVn0XrY_vLpw74TkZdGbiG0KUM9aBVF1SCggOV9d49H8NKwykp8aktQdAjrOCnSTP0dAkvATHXt3TfbXikhaD7RN_aga_wHeWOxn1j5cJCR7YFv/s72-c/armaila%20Peserta%20dan%20Manfaat%20Program%20Jaminan%20Pensiun.webp
ARMAILA FINANCE
https://finance.armaila.com/2022/09/peserta-dan-manfaat-program-jaminan-pensiun.html
https://finance.armaila.com/
https://finance.armaila.com/
https://finance.armaila.com/2022/09/peserta-dan-manfaat-program-jaminan-pensiun.html
true
5087665395378471128
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content